Resep Nasi Liwet Asli Khas Sunda


Sahabat Koki Andalan pasti tahukan dengan nasi liwet. Bagi kami yang tinggal di wilayah sunda tentu tidaklah asing dengan makanan yang sangat merakyat ini. Karena, makanan ini selalu hadir apalagi ketika sedang kerja bakti atau gotong royong, sudah tentu nasi liwet ini akan menjadi makanan yang paling ditunggu-tunggu ketika istirahat mulai tiba. Pasalnya, nasi liwet ini memang tidak terkira deh rasanya.

Kalau Anda belum tahu dengan nasi liwet, disini akan coba koki Andalan jelaskan deh. Nasi liwet itu hampir sama cara penyajiannya seperti halnya dengan menanak nasi. Namun, nasi liwet sangat kaya akan rasa bila dibandingkan dengan nasi biasa yang memiliki rasa hambar. Karena nasi liwet meskipun di buat hampir sama dengan menanak nasi, akan tetapi nasi liwet selalu di tambahkan beberapa bumbu atau rempah-rempah yang menjadikan nasi liwet lebih nikmat dengan nasi yang biasa.

Biasanya, bumbu atau rempah-rempah yang ditambahkan pada nasi liwet diantaranya adalah bawang putih, dauh sereh, garam, dll. Untuk lauk pauknya sendiri bisa disesuaikan dengan apa saja kok. Akan tetapi, bagi kami sebagai orang sunda lebih memilih ikan asin, tempe mendoan, dan lalab serta sambal yang menjadi pelengkapnya.

Bila Anda tertarik untuk mencoba membuat nasi liwet sendiri, cara membuat nasi liwet itu sangat mudah kok dan tidak perlu harus mempunyai keahlian khusus dalam membuatnya. Karena, bahan-bahan yang digunakannya itu sungguh sangat sederhana sehingga makanan yang satu ini di sebut makanan yang merakyat.

Apa saja sih bahan-bahan yang harus disediakan? Yuk kita simak bersama, karena dibawah ini sudah ada resep nasi liwet khas sunda yang sangat lezat untuk di nikmati bersama keluarga Anda tercinta.

Resep Nasi Liwet Asli Khas Sunda
Bahan-bahan
  • 1 liter beras
  • Air secukupnya
  • 6 siung bawang putih
  • 2 batang daun sereh
  • 5 lembar daun salam
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Cara membuat nasi liwet

Sebelum dimasak, pastikan beras sudah di cuci terlebih dahulu. Kupas bawah putih lalu bersihkan. Iris tips bawang putih tersebut kemudian goreng hingga mengering dan tiriskan. Masukan beras yang telah di cuci tadi kedalan rice cooker atau orang sunda lebih memilih kastrol (semacam panci) untuk menanak nasi liwet. Tuangkan air kedalamnya sebagaimana Anda hendak menanak nasi biasa. Namun, air yang ditambahkan tadi harus lebih banyak ketimbang menanak nasi biasa. Masukan rempah-rempah seperti daun sereh dan daun salam, lalu tambahkan gula dan garam secukupnya. Setelah nasi liwetnya setengah matang, masukan bawang putih yang telah di goreng tadi. Tunggu beberapa saat lagi dan nasi liwet siap di hidangkan dan di nikmati bersama keluarga.

Seperti itulah cara membuat nasi liwet yang menjadi salah satu makanan khas sunda. Caranya yang mudah namun memiliki rasa yang tidak mudah untuk di lupakan di lidah Anda. Buat sekarang juga ya dan jangan lupa, baca juga resep makanan kami lainnya ya, seperti Resep Mie Aceh yang menjadi salah satu makanan khas provinsi Aceh.