Cara Membuat Susu Kedelai Yang Sangat Mudah


Cara membuat susu kedelai begitu sederhana dan Anda pun juga bisa membuatnya sendiri dirumah. Meskipun sederhana, kandungan gizi yang dimiliki oleh susu kedelai tidaklah jauh berbeda dengan nutrisi yang dimiliki oleh susu sapi.
cara membuat susu kedelai
Ilustrasi susu kacang kedelai
Beberapa kandungan nutrisi susu kacang kedelai diantaranya adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin C, zat besi, kalsium, fosfor, karbohidrat, lemak, protein, dan kalori. Sedangkan manfaat susu kedelai antara lain:
  • Menurunkan berat badan
  • Mencegah kanker prostat
  • Menurunkan kolesterol
  • Mencegah osteoporosis
  • Menopause terasa lebih nyaman

Bahan-bahan untuk pembuatan susu kedelai tidaklah banyak karena bahan utama dalam pembuataannya hanya membutuhkan kacang kedelai dan air. Kadar air yang diperlukan disini juga bisa disesuaikan dengan kekentalan yang Anda inginkan. Sedangkan adanya penambahan daun pandan, vanili, gula, dan garam biasanya dimanfaatkan untuk meminimalisir rasa langu dari kedelai.

Cara Membuat Susu Kedelai Yang Sederhana

  • Langkah pertama yang mesti dilakukan adalah mencuci kacang kedelai dengan air bersih kemudian rendam selama 10 jam atau semalaman hingga ukuran kacang kedelai membesar dan empuk. Setelah itu baru bersihkan kulit arinya.
  • Kacang kedelai selanjutnya dimasukkan kedalam blender dan tak lupa tambahkan pula air kedalamnya. Perbandingan antara kacang kedelai dengan air adalah 1:3.
  • Blender hingga halus kemudian saring dengan menggunakan kain putih, kain kasa, atau bisa juga menggunakan saringan yang lubang-lubangnya sangat kecil.
  • Selanjutnya adonan yang telah dihaluskan kemudian direbus guna mensterilkan dari kuman dan mengurangi aroma kedelai yang masih langu. Rebus dengan menggunakan air sedang sambil diaduk-aduk supaya susu kedelai tidak pecah. Ketika perebusan inilah Anda bisa menambahkan beberapa bahan-bahan lainnya supaya susu kedelai menjadi kaya akan rasa. Anda bisa menambahkan jahe, gula, bubuk cokelat, sedikit garam, daun pandan, atau vanili. Untuk vanili sebaiknya tambahkan sedikit saja supaya rasanya tidak menjadi pahit.

Itulah cara membuat susu kedelai yang begitu sederhana. Walaupun sederhana, khasiat maupun manfaat yang bisa Anda dapatkan lumayan banyak untuk kesehatan tubuh Anda. Selamat mencoba ya! ~ Resep Masakan Indonesia