Resep Kue Cubit Yang Enak dan Lezat


Resep kue cubit adalah salah satu resep kue tradisional yang saat ini masih dicari oleh para ibu yang mencintai kuliner khususnya kuliner kue-kue basah tradisional. Dilihat secara sekilas kue cubit ini memang begitu mirip dengan kue lumpur. Namun, bentuk yang dimiliki oleh kue cubit terlihat agak mengembang dan tentu saja ada taburan meses diatasnya.

Diameter kue cubit tidaklah terlalu besar. Diameter yang dimilikinya mungkin hanya sekitar 3-4 cm. Biasanya kue cubit ini paling mudah ditemukan di kantin-kantin anak sekolah dasar. Ini dikarenakan kue cubit memang sangat digemari oleh anak-anak.

Tahukah Anda kenapa kue ini dinamakan kue cubit? Sebetulnya ada berbagai pendapat kenapa kue ini dinamakan kue cubit. Salah satunya adalah karena cara mengambil kue ini dengan menggunakan penjepit sehingga mirip seperti dicubit. Meskipun banyak pendapatnya, yang penting kue cubit ini enak dan lezat ketika disantap.
resep kue cubit yang lezat
Ilustrasi kue cubit
Resep membuat kue cubit tidaklah terlalu sulit sehingga Anda bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah. Ingin tahu seperti apa resep kue cubit yang enak dan lezat tersebut? Berikut adalah resepnya.

Resep Kue Cubit Yang Siap Menggoyang Lidah

Bahan-bahan:
- 3 butir telur
- 100 gram margarin
- 100 gram tepung terigu
- 100 gram gula pasir
- 1 bks vanili
- ½ sdt baking powder
- ¼ soda kue
- cokelat meses atau keju yang telah diparut

Cara Membuat Kue Cubit


  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencampurkan terlebih dahulu antara gula pasir dan telur pada sebuah wadah. Kemudian kocok menggunakan mixer hingga mengembang.
  • Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit, kemudian aduk sampai merata semuanya.
  • Tambahkan margarin cair lalu aduk sampai merata. Tambahkan pula baking powder, soda kue, dan vanili lalu aduk kembali hingga merata.
  • Setelah semuanya tercampur secara merata, tuangkan adonan tersebut pada wadah seperti hal nya gelas takar supaya memudahkan Anda pada saat menuangkannya pada cetakan.
  • Siapkan cetakan untuk kue cubit dan oleskan margarin secukupnya saja. Kemudian panaskan cetakan kue cubit tersebut pada api kecil.
  • Bila sudah panas, tuangkan adonan hanya setengahnya saja pada tiap-tiap cetakan supaya tidak terlalu mengembang. Setelah semua cetakan terisi adonan, tutuplah cetakan tersebut.
  • Ketika adonan mulai terlihat mengembang atau setengah matang, taburi cokelat meses atau keju yang telah diparut diatas adonannya. Tutup kembali adonan dan tunggu sampai kue benar-benar matang dan terlihat berubah warna.
  • Setelah matang, angkat kue cubit tersebut dan kue cubit pun sudah siap untuk disantap.


Ternyata resep membuat kue cubit yang enak itu tidak terlalu sulit, bukan? Selamat mencoba ya! ~ Resep Masakan Indonesia