Resep Kue Semprit Paling Mudah Namun Tetap Nikmat Dilidah


Siapa sih yang tidak mengenal dengan kue kering yang satu ini? Kue semprit merupakan salah satu jenis kue kering favorit yang memiliki bentuk seperti bunga dengan tambahan hiasan irisan buah kering dibagian tengahnya.

Dilihat dari segi bahan dasarnya, kue kering yang satu ini tidaklah jauh berbeda dengan kue sagu keju. Hanya saja, ada sedikit perbedaan dari penggunaan tepungnya. Karena sesuai dengan namanya, kue sagu keju memang menggunakan tepung sagu sebagai komposisi utamanya.
resep kue semprit
Ilustrasi Kue Semprit

Oh iya, tahu nggak kenapa kue kering yang kita bahas ini dinamakan dengan kue semprit? Hal ini mungkin karena orang Indonesia umumnya kesulitan ketika harus menyebutkan istilah “Spuit” (proses pencetakan kue dengan menggunakan plastik segitiga atau besi corong yang khusus untuk membuat kue), sehingga tidaklah mengherankan bilamana orang Indonesia lebih mudah menyebutnya dengan nama kue semprit.

Resep Kue Semprit Yang Sederhana

Resep kue semprit sangatlah mudah sehingga meskipun Anda baru belajar membuat kue, Anda tidak akan kesulitan ketika membuatnya. Berikut ini merupakan cara membuat kue semprit yang paling mudah namun tetap terasa nikmat dilidah.

Bahan-bahan
    - 350 gr tepung terigu protein sedang
    - 200 gr mentega
    - 100 gr tepung maizena
    - 200 gr gula bubuk
    - 50 gram Sukade/buah kering untuk hiasan
    - 4 kuning telur
    - 2 putih telur
    - 1 sdt vanila bubuk
    - ½ sdt garam
    - Margarin untuk olesan

Cara Membuat Kue Semprit
1. Langkah pertama yang mesti Anda lakukan adalah kocok mentega dengan ½ bagian gula bubuk hingga terlihat mengembang. Sambil dikocok, masukkan kuning telur satu persatu sampai semuanya tercampur merata.
2. Berikutnya masukkan tepung terigu, vanili bubuk, garam, dan juga tepung maizena. Aduk secara perlahan menggunakan sendok kayu sampai merata semuanya.
3. Selanjutnya kocok putih telur ditambah sisa gula bubuk hingga mengembang dan kaku. Kemudian masukkan kedalam adonan tepung dengan cara sedikit demi sedikit hingga semuanya tercampur secara merata.
4. Adonan yang telah jadi kemudian dimasukkan kedalam plastik segitiga yang sebelumnya telah diberi mata spuit berbentuk bintang. Setelah itu semprotkan adonan diatas loyang datar yang telah diolesi dengan margarin. Cara menyemprotkan adonannya dengan cara memutar sedikit supaya nantinya akan terlihat seperti bunga. Jangan lupa hias bagian atasnya dengan menggunakan sukade.
5. Setelah loyang terisi penuh dengan beberapa kue semprit, panggang selama 25 menit dengan suhu 160oC hingga matang dan kering. Angkat kemudian biarkan hingga dingin. Setelah itu simpahlan kue semprit pada toples yang kedap udara.

Bagaimana menurut Anda, tidaklah sulit bukan? Kareng bentuk kue kering ini sudah terlihat cantik, dikemas dengan sederhana pun kue kering yang satu ini bakalan tetap terlihat menarik ketika disajikan di meja Anda. Selamat mencoba dan nantikan resep kue kering dari Koki Andalan yang berikutnya, ya!