Resep Bakso Daging Sapi Paling Sederhana


Resep Bakso Daging Sapi - Bakso adalah satu dari sekian banyak jajanan di Indonesia yang paling banyak penggemarnya. Baik anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua sekalipun, mereka sangat suka dengan jananan yang satu ini. Rasanya yang sangat enak, gurih, dan bentuknya yang bulat mungkin menjadi daya tarik tersendiri kenapa bakso begitu banyak penggemarnya.

Seperti yang kita ketahui, umumnya bakso terbuat dari campuran daging sapi giling dengan tepung tapioka. Namun sekarang, seiring berjalannya waktu ada pula bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, udang, bahkan ada pula yang terbuat dari daging kerbau.

Untuk penyajiannya sendiri, biasanya bakso disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening yang kemudian dicampur dengan bahan-bahan lainnya, seperti mi, bihun, taoge, kemudian ditaburi bawang goreng, dan juga seledri. Dibeberapa tempat, bakso terkadang disajikan pula dengan menambahkan tahu dan telur.

Resep Bakso Daging Sapi Paling Sederhana

resep bakso sapi
Ilustrasi bakso via indofoodstore.com
Buat Anda yang sudah tidak sabar lagi ingin membuat bakso sendiri di rumah, berikut adalah resep bakso daging saping sederhana yang bisa Anda coba. Baca yang teliti ya…

Bahan-bahan
- 50 gram tepung sagu/kanji
- 350 gram daging sapi
- 4 siung bawang putih
- ½ sdt merica
- 100 cc air es
- 3 sdt garam
- 1 butir telur

Bahan kuah bakso
- 2 batang daun bawang, iris
- 6 siung bawang putih
- 3 sdt garam
- 2 liter air
- ½ sdt merica
- 600 gram lutut/tulang sapi

Bahan pelengkap
- Bawang goreng
- 150 gram mi kuning basah
- ½ sdt merica
- Tahu goreng
- Pangsit

Cara Membuat Kuah Bakso Daging Sapi

Untuk membuat kuah bakso daging sapi sangatlah mudah, caranya haluskan bawang putih, garam, dan merica. Didihkan air dan masukkan bumbu tersebut dan juga tulang. Masak hingga mendidih kemudian saring.

Cara Membuat Bakso Daging Sapi

1. Haluskan bawang putih, garam, serta merica. Giling daging sampai halus.
2. Campurkan bumbu yang telah dihaluskan tadi dengan tepung sagu, air es, dan telur. Aduk hingga tercampur merata
3. Panaskan air sampai mendidih, jika telah mendidih matikan kembali apinya.
4. Adonan yang dibuat tadi kemudian dibentuk bulat-bulat kecil atau sesuai selera Anda.
5. Celupkan dalam air mendidih tadi, dan lakukan hal ini sampai adonan bakso habis.
6. Nyalakan kembali apinya dan masak bakso hingga mengapung ke permukaan yang menandakan bahwa bakso tersebut telah matang. Angkat lalu tiriskan.

Cara Penyajian Bakso Daging sapi

Untuk menyajikannya, siapkan mangkuk kemudian tata mi kuning basah dan bakso. Tuangkan kuah yang telah dibuat sebelumnya, lalu taburi dengan bawang goreng dan daun bawang. Bakso kuah daging sapi pun sudah siap untuk disajikan.

Nah, itulah resep bakso daging sapi yang bisa Anda coba buat sendiri di rumah. Pastikan Anda mengikutinya dengan baik ya. Jika gagal, jangan menyerah dan teruslah untuk mencoba. Nantikan resep masakan lainnya ya.